Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD

Pergantian kurikulum dalam dunia pendidikan merupakan hal yang umum terjadi, namun juga tidak selalu mudah untuk dihadapi, terutama untuk para guru sebagai garda depan yang akan mengimplementasikan kurikulum tersebut. Salah satu cara yang dapat membantu dalam menghadapi perubahan kurikulum tersebut, yaitu guru melakukan proses refleksi. Secara sederhana, refleksi adalah “belajar dari pengalaman yang lalu dan yang sedang dilakukan sehingga mendapat wawasan baru tentang diri dan tentang praktik-praktik yang dilakukan” (Finlay, 2008).


Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD menyajikan kerangka dasar kurikulum dengan paradigma pembelajaran baru. Tujuan bilik-ilmu.com menghadirkan buku ini adalah untuk membantu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru. Sasaran pembaca utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD. Namun, buku ini juga perlu dibaca dan dipahami oleh para pengelola/ kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.


Buku ini terdiri dari empat bab. Bab pertama membahas tentang karakteristik- karakteristik khusus struktur kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru. Bab kedua membahas tentang bagaimana satuan PAUD menerjemahkan kurikulum menjadi Kurikulum Operasional Sekolah dan rancangan pembelajaran harian. Bab ketiga membahas bagaimana guru dapat mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna bagi anak. Bab keempat membahas asesmen otentik sebagai lanjutan dari implementasi pembelajaran dan memberi pijakan bagi perencanaan selanjutnya.


Buku panduan ini ditulis dengan menggunakan pendekatan dialog. Anda akan menemukan dialog antara Bu Aruna dan Bu Odi di sepanjang Bab 1 hingga Bab 4. Dialog ini digunakan untuk mengawali sebuah bab, mengklarifikasi konsep-konsep sulit yang dibahas pada paragraf sebelumnya, memberi ilustrasi sebuah konsep yang dibahas, dan menutup sebuah bab.untuk lebih lengkapnya disini bilik-ilmu.com akan membagikan tautan  dan silahkan didownload di sini .



Demikian Buku ini dirancang untuk mempermudah guru memahami Capaian Pembelajaran yang ada pada kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru sehingga para guru dapat merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut. semoga bermafaat bagi kita semua dan terimakasih 

0 Response to "Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel