Ringkasan Materi Bintek IKM SMK terbaru


Spektrum Keahlian dan Struktur Kurikulum SMK

Ringkasan materi Bintek IKM SMK menjadikan kita paham akan perubahan dan perbedaan kurikulum pendidikan di Indonesia dari kurikum 13 menjadi kurikulum Merdekan. Perubahan kurikulum SMK/MAK diawali dengan penataan ulang Spektrum Keahlian SMK/MAK.

● Spektrum Keahlian adalah daftar bidang dan program keahlian SMK yang disusun berdasarkan kebutuhan dunia kerjayang meliputi: dunia usaha, dunia industri, badan usaha milik negara/badan usaha milikdaerah, instansi pemerintah atau lembagalainnya serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

● Spektrum Keahlian SMK/MAK merupakan acuan penyusunan struktur kurikulum serta pembukaan dan penyelenggaraan bidang dan program keahlian pada SMK. Setiap program keahlian terdiri atas minimum satu konsentrasi keahlian.

● Konsentrasi keahlian diselenggarakandalam program 3 tahun atau program 4 tahun diatur lebih lanjut dalam keputusan pimpinan unit utama yang membidangistandar, kurikulum, dan asesmenpendidikan.

Spektrum Keahlian SMK

a. Daftar Konsentrasi Keahlian beserta konversinya tercantum pada Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 024/H/KR/2022 Tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK pada Kurikulum Merdeka.

b. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan kompetensi keahlian yang dikonversi, wajib menginformasikan konsentrasi keahlian hasil konversinya kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kantor Wilayah Kementerian Agama.

c. Satuan pendidikan pelaksana program SMK Pusat Keunggulan pada tahun ajaran 2021/2022 telah menyelenggarakan program keahlian yang tidak sesuai dengan program keahlian sebagaimana diatur dalam Keputusan Kepala Badan ini, satuan pendidikan dapat menyelenggarakan program keahlian yang relevan dengan konsentrasi keahlian yang dipilih oleh peserta didik dan wajib memberikan matrikulasi pada peserta didik sebagai fondasi penguasaankonsentrasi keahlian pada program keahlian yang baru.


Struktur Kurikulum SMK

Struktur kurikulum SMK/MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
a. pembelajaran intrakurikuler; dan
b. projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dialokasikan dari total JP mata pelajaran umum dan beberapa mata pelajaran pilihan per tahun. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan.

Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik,dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.

Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masingprojek tidak harus sama.

Capaian Pembelajaran

Pengertian Capaian Pembelajaran
“Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.”

(lihat: Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran)


Pemerintah hanya menetapkan tujuan akhir per fase (CP) dan waktu tempuhnya (fase).
Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi dan cara atau jalur untuk mencapainya. Agar bisa menentukan strategi yang sesuai, kita perlu mengetahui titik awalkeberangkatanpara pesertadidik.

Sistematika Capaian Pembelajaran
• Rasional
• Tujuan
• Karakteristik
• CP

Komponen CP
Rasional Mata Pelajaran
● Pengertian mata pelajaran
● Posisi mata pelajaran dalam kurikulum merdeka
● Pendekatan pembelajaran
● Kontribusi terhadap profil pelajar Pancasila

Tujuan Mata Pelajaran Kemampuan yang perlu dicapai pelajar setelah mempelajari mata pelajaran tersebut Karakteristik Mata Pelajaran

● Deskripsi umum tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran
● Elemen-elemen mata pelajaran serta deskripsinya

Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan
  • Kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase.
  • Dibuat dalam bentuk pernyataan yang disajikan dalam paragraf yang utuh.
  • Capaian setiap fase menurut elemen Dibuat dalam bentuk matriks.
  • Setiap elemen dipetakan menurut perkembangan siswa
Capaian Pembelajaran
  • CP dirumuskan dalam bentuk Fase, bukan per tahun
  • CP selalu berpusat pada siswa, bukan pada ketuntasan materi
Bentuk Pemahaman dalam CP

- Prinsip penyusunan CP menggunakan pendekatan konstruktivisme yang membangun pengetahuan dan berdasarkan pengalaman nyata dan kontekstual. Menurut teori belajar konstruktivisme (constructivist learning theory), pengetahuan bukanlah kumpulan atau seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah untuk diingat.

- Konsep “Memahami” dalam Capaian Pembelajaran (CP) dalam konstruktivisme adalah proses membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata. Pemahaman tidak bersifat statis, tetapi berevolusi dan berubah secara konstan sepanjang siswa mengonstruksikan pengalaman-pengalaman baru yang memodifikasi pemahaman sebelumnya

CapaianPembelajarandi SMK

- Capaian pembelajaran untuk mata pelajaran pada kelompok umum, Capaian Pembelajaran matapelajaran kelompok umum mengacu pada Capaian Pembelajaran yang ditetapkan oleh Pemerintah.

- CapaianPembelajaran untuk matapelajaran pada kelompokkejuruan, Capaian Pembelajaran matapelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian (FaseE) dan Konsentrasi Keahlian (FaseF) dikembangkan oleh Pemerintah. satuan pendidikan bersama dunia kerja dapat mengembangkan kontekstualisasi capaian pembelajaran dan menuangkannya dalam tujuan pembelajaran serta perencanaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik konsentrasi yang diselenggarakan.

6 Aspek/Facet Pemahaman merupakan cara untuk mengkonfirmasi pemahaman siswa atas apa yang telah mereka pelajari dan tidak hirarkis/bukanmerupakansiklus.

Jika siswa melakukan salah satu dari keenam Aspek/Facet Pemahaman ini (mampu menjelaskan, menginterpretasi, menerapkan /mengaplikasikan, berempati, memiliki sebuah sudut pandang, atau memiliki pengenalan diri), berarti mereka telah mendemonstrasikan sebuah tingkat pemahaman.

6 Aspek/Facet Pemahaman ini merupakan modal untuk menentukan

Tujuan Pembelajaran (TP),menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP),- menentukan asesmen, daninstruksiyangtepat.

- Penjelasan Explanation

Mendeskripsikan suatu ide dengan kata-kata sendiri, membangun hubungan antar topik, mendemonstrasikan hasil kerja, menjelaskan alasan/cara/prosedur , menjelaskan sebuah teori menggunakan data, berargumen dan mempertahankan pendapatnya.

- Interpretasi Interpretation

Menerjemahkan cerita, karya seni, atau situasi. Interpretasi juga berarti memaknai sebuah ide, perasaan atau sebuah hasil karya dari satu media ke media lain, dapat membuat analogi, anekdot, dan model. Melihat makna dari apa yang telah dipelajari dan relevansi dengan dirinya.

- Aplikasi Application

Menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai suatu dalam situasi yang nyata dalam kehidupan sehari-hari atau sebuah simulasi (menyerupai kenyataan)

- Perspektif Perspective

Melihat suatu hal dari sudut pandang yang berbeda, siswa dapat menjelaskan sisi lain dari sebuah situasi, melihat gambaran besar, melihat asumsi yang mendasari suatu hal dan memberikan kritik.

- Empati Empathy

Menaruh diri di posisi orang lain. Merasakan emosi yang dialami oleh pihak lain dan/atau memahami pikiran yang berbeda dengan dirinya. Menemukan nilai (value) dari sesuatu

- Pengenalan diri Self-Knowledge

Memahami diri sendiri; yang menjadi kekuatan, area yang perlu dikembangkan serta proses berpikir dan emosi yang terjadi secara internal.

Contoh Bentuk Pemahaman Dalam CP Matematika Fase B elemen Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) untuk bilangan cacah sampai dengan 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan

- Penjelasan Explanation :  Mendeskripsikan makna dari bilangan 10.000 dengan kata-kata sendiri, mengaitkan dengan nilai tempat, mengurutkan dan membandingkan bilangan 10.000 denganbilanganlain

- Interpretasi Interpretation :  Menerjemahkan makna 10.000menggunakangambar

- Aplikasi Application  :  Menggunakan pemahaman 10.000 untuk memecahkan masalah dalam dunia nyata (misalnya berbelanja di kantin dengan uang Rp.10.000,00 atau soal cerita/ simulasijual-beli)

- Perspektif Perspective  : Menemukan berbagai cara berbeda untuk mendapatkan nilai10.000

untuk lebih jelasnya silahkan unduh materi lengkapnya di tautan berikut ini.


Demikian Ringkasan pembahasan IKM SMK kurikum Merdekan, semoga bermanfaat bagi semuan, terimakasih

0 Response to "Ringkasan Materi Bintek IKM SMK terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel