Capaian Pembelajaran (CP) Mapel Bhs Indonesia Tingkat SD/SMP/SMA/SMK



Unduh Capaian Pembelajaran (CP) Mapel Bhs Indonesia Tingkat SD/SMP/SMA/SMK Setiap Fase  Kurikulum Merdeka Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasauntuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, kontekssosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami,mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe tekstentang topik yang beragam.


1. Menyimak


Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasandan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir darimenyimak berbagai tipe teks (deskripsi, laporan, rekon,eksplanasi, eksposisi, instruksi/prosedur, serta narasi)dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara; mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapatuntuk menanggapi teks yang disimak. Peserta didikmampu menyimak, menafsirkan, mengapresiasi,mengevaluasi, dan menciptakan teks sastra Nusantara(seperti puisi rakyat, pantun, syair, hikayat, gurindam)dan sastra universal seperti novel, puisi, prosa, drama,film, dan teks multimedia dan multimodal (lisan, audio,video, cetak, dan digital)



2. Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan danpandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi. Peserta didik mampu membaca dan memirsa, serta menafsirkan,
mengapresiasi, mengevaluasi, dan menciptakan teks sastra Nusantara (seperti puisi rakyat, pantun, syair,hikayat, gurindam) dan sastra universal seperti novel,puisi, prosa, drama, film, dan teks multimedialisan/cetak atau digital online.




3. Berbicara dan Mempresentasikan


PPeserta didik mampu menyajikan gagasan,pikiran, dankreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog,dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis,dan kreatif; mampu menyajikan karya sastra secarakreatif dan menarik. Peserta didik mampu mengkreasiteks sesuai dengan norma kesopanan dan budayaIndonesia. Peserta didik mampu menyajikan danmempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkanmasukan dari mitra diskusi. Peserta didik mampuberbicara dan mempresentasikan teks sastra Nusantara(seperti puisi rakyat, pantun, syair, hikayat, gurindam)dan sastra universal seperti novel, puisi, prosa, drama,film, dan teks multimedia lisan/cetak, digital online ataudalam bentuk pergelaran.



4. Menulis


Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran,pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis karya sastra dalam berbagai genre.
Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu memodifikasi/mendekonstruksikan karya sastra untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menulis teks sastra Nusantara (seperti puisi rakyat, pantun, syair, hikayat, gurindam) dan sastra universal seperti novel, puisi, prosa, drama, film, dan teks multimedia lisan/cetak atau digital online. Pesertadidik mampu menerbitkan hasil tulisan baik di media cetak maupun digital.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan Unduh Capaian Pembelajaran Mapel Bhs Indonesia



Demikian tentang Capaian Pembelajaran Mapel Bhs Indonesia Tingkat  SD/SMP/SMA/SMK  Kurikulum Merdeka Semoga ada manfaat didalamnya, terima kasih.

0 Response to "Capaian Pembelajaran (CP) Mapel Bhs Indonesia Tingkat SD/SMP/SMA/SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel