Capaian Pembelajaran Antropologi fase F SMA/MA/PROGRAM Paker C



Unduh Capaian Pembelajaran (CP) Mapel Antropologi fase F Kelas 11,12 SMA/MA/PROGRAM Paker C Kurikulum Merdeka - Pengetahuan kebudayaan atas diri, masyarakatnya, dan kelompoklain beserta sesuatu di dalamnya menjadi urgensi pembelajaranantropologi. Antropologi yang dimaksud di sini adalah antropologifisik, arkeologi, etnologi, dan antropologi sosial budaya. Denganranah antropologi tersebut, pembelajaran tidak sekadar padapengetahuan atas produksi kebudayaan, tetapi juga ada prosespenanaman nilai dan kesadaran atas kesejatian diri dari sebuahbangsa yang multikultural.




Capaian Pembelajaran Kelas 11,12 SMA Mapel Antropologi fase F Kurikulum Merdeka


Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C)Pada akhir fase ini, peserta didik dapat memahami danmeningkatkan keterampilan inquiry dalam ruang lingkupantropologi, sehingga mampu menumbuhkan pemikiran kritis dankesadaran kebhinekaan lokal saat mencermati beragam fenomena disekitarnya. Pemahaman dan refleksi ini akan menghasilkan praktikkeadaban publik (civic virtue) dan semangat kegotongroyongan tanpamembedakan kelompok dan entitas sosial primordialnya.Internalisasi nilai dapat dilakukan bersamaan saat kegiatanpembelajaran secara langsung di lapangan (masyarakat terdekat).



1. Pengantar Antropologi

Peserta didik dapat memahami pengertian dasardari antropologi beserta segala sesuatu terkait didalamnya, seperti ruang lingkup dan sejarahnya,ranah, posisi manusia dan kebudayaannya, danmampu menjelaskan perbedaan antaraantropologi ragawi, arkeologi, etnologi, sosialbudaya, dan potensinya dalam pembangunan.


2. Antropologi Ragawi


Peserta didik dapat memahami cakupanantropologi ragawi dan menjelaskanperbedaannya dengan mata pelajaran lainnya.Peserta didik juga dapat menjelaskan persoalanperkembangan manusia, evolusi besertapenyebarannya, variasi dan karakter rasmanusia, wilayah dan pembentukankarakternya, pembentukan identitas diri dansosial, dan menjelaskan proses produksikebudayaan bendawi di dalamnya.



3. Arkeologi


Peserta didik dapat menjelaskan ruang lingkupdari pengembangan lebih lanjut antropologi fisik,khususnya yang berhubungan dengan tinggalan-tinggalan bendawi di masa lalu. Peserta didik jugadapat memahami dan menjelaskan berbagaikebudayaan pra sejarah, tinggalan bendawi,pembentukan perkampungan, benda-bendadalam siklus kehidupan, penemuan pengetahuandan teknologi yang ada yang mampu mendukungkehidupannya, memahami perubahanmasyarakat dari yang pada awalnya bersifatnomaden ke menetap, dan termasukpembentukan kelompok suku dan bangsa diberbagai wilayah.


4. Etnologi


Peserta didik memahami keanekaragamanbahasa lokal atau bahasa ibu di lingkungansekitarnya, baik atas dasar dari garis ibu ataupundari garis ayahnya, sehingga mereka dapatmenjelaskan secara kritis dan kreatif dalammenjaga kebhinnekaan lokal dan globalnya darisisi kebahasaan.



5. Antropologi Sosial Budaya


Peserta didik memahami secara kreatif dan kritisterhadap pengertian dan ruang lingkupkebudayaan, sistem sosial dan perangkatnya,struktur dan perilaku sosial yang salingmemengaruhi, pengenalan siklus kehidupanmanusia dan segala upacara yang diadakan,relasi kuasa dan pembentukan legitimasi daripara pelaku. Pemahaman atas aspek antropologisosial ini diharapkan mampu membawa parapeserta didik pada suatu prinsip menciptakankeadaban, kegotongroyongan dalam berbagainilai luhur yang ditemukan dan digalinya, sertakesadaran atas kebhinekaan global yangmenguatkan proses transformasi sosialnya.


6. Kebhinnekaan Kelompok


Etnik dan PerilakuBudaya GlobalPeserta didik memahami fenomena kebudayaantradisional di tengah kebudayaan global. Peserta didik diharapkan dapat menghubungkanberbagai fenomena global dan kebudayaan lainsebagai faktor pemengaruh atas fenomenakebhinekaan lokal dan global yang ada dilingkungan budayanya. Peserta didik juga dapatmemahami dan menguraikan aspek-aspek terkaitikatan sosial, pembentukan kelompok bangsapasca kolonial, dan munculnya poros kekuasaandan fungsi sosial berbagai elemen masyarakat.Proses pemahaman itu akan menghasilkankemampuan menganalisa fenomena representasiidentitas dan rekonstruksi sosial, poskolonial,hibriditas budaya, serta globalisasi dankomodifikasi budaya yang menyertainya.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan Unduh Capaian Pembelajaran Kelas 11,12 SMA Mapel Antropologi fase F Kurikulum Merdeka pada tautan berikut : 

Demikian tentang Capaian Pembelajaran Antropologi fase F SMA/MA/PROGRAM Paker C Semoga ada manfaat didalamnya, terima kasih.

0 Response to "Capaian Pembelajaran Antropologi fase F SMA/MA/PROGRAM Paker C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel