Remote Access Melalui Port Console

Remote Server adalah server yang bisa diakses dari jarak jauh. Jadi, meskipun pengguna tidak berada di jaringan LAN yang sama, bisa tetap masuk ke sistem server tersebut.

Server ini bisa saja Anda letakkan di tempat yang tersembunyi agar tak sembarang diketahui orang. Jadi, lebih menjamin keamanannya. Namun, Anda tetap bisa mengaksesnya tanpa tanpa perlu ke lokasi tersebut.

Apakah semua orang bisa mengakses sebuah remote server? Tentu saja tidak. Sebab, untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengetahui IP server, username , dan password untuk login. 




Cara Kerja Remote Server   

Setelah tahu apa itu remote server, sekarang saatnya memahami cara kerjanya.

Cara kerjanya ini sederhana, kok. Ibaratnya seperti Anda melakukan panggilan telepon. Ponsel Anda adalah komputer untuk mengakses, IP server adalah nomor telepon tujuan: 

Client: “Hay server, izin saya  akses secara remote dong”
Remote Server: “Oke, username sama password apa?”
Client: “Ini nih..”
Remote Server“Benar. Silakan masuk..” 

Gambar Router dan Switch yang terhubung melalui port console


Suatu perangkat cisco (Router/Switch) pada dasarnya tidak dapat terhubung secara langsung dengan monitor maupun dengan input device seperti keyboard apalagi mouse. Konfigurasi perangkat (Router/Switch) tidak dapat dilakukan secara langsung pada perangkat tersebut. Konfigurasi dapat dilakukan dengan perangkat lain seperti : PC/Laptop. Perangkat cisco terkoneksi secara remote dengan PC/Laptop.

Untuk keperluan koneksi tersebut, pada perangkat cisco tersedia port console. Port console merupakan port yang khusus disediakan untuk konfigurasi perangkat. Port console dapat dihubungkan dengan PC/Laptop pada port RS 232. Adapaun jenis kabel yang digunakan adalah kabel console yang berwarna hijau.



OTENTIKASI PORT CONSOLE


      Otentikasi port console bertujuan untuk mengamankan port console dari pihak yang tidak berhak mengakses perangkat Router/Switch. Otentikasi dilakukan dengan memberikan username dan password. Username yang diberikan bisa lebih dari 1, sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk memberi password, terdapat 2 jenis pilihan password, yaitu password berkekuatan rendah (perintah: password) dan password berkekuatan tinggi (perintah: secret). 

Adapun langkah-langkah memberikan otentikasi port console adalah sebagai berikut :

Router > enable

Router # conf t

Router  (config) # username mrsuduriux password suduri                 (berkekuatan rendah)

Router  (config) # username mrsuduriux secret suduri                     (berkekuatan tinggi)

Router  (config) # line console 0

Router  (config-line) # login local

Router  (config-line) # exit

Router  (config) # 




Untuk lebih lengkapnya, silahkan Unduh Job Sheet Remote Access Melalui Port Console pada tautan berikut :


Semoga materi ini bermanfaat buat kita semua 

0 Response to "Remote Access Melalui Port Console"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel