Materi ASJ Bab 1 tentang Control Panel Hosting

Rangkuman / Ringkasan Materi Mapel Administrasi Sistem Jaringan (ASJ) BAB 1 tentang Control Panel Hosting Tahun 2022/2023 - Control panel berisi fasilitas-fasilitas untuk mengatur fungsi-fungsi pada server, seperti add/remove domain, DNS, mail server, database/phpmyadmin, dan lain-lain. Zpanel termasuk web hosting control panel gratis dan lengkap untuk server berbasis Microsoft® Windows ™ dan POSIX (Linux, Unix, dan MacOSX).

Dan berikut ini adalah rangkuman/ringkasan materi ASJ Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2022/2023


Rincian Materi ASJ BAB 1 Kelas XII TKJ




Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah Anda buat menjadi online dan dapat diakses oleh orang lain. Sementara hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet. berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jenis–Jenis Hosting
  • Shared hosting
  • VPS (Virtual Private Server)
  • Dedicated server
  • Colocation server

Tips Memilih Control Panel
Dalam memilih control panel, ada beberapa pertimbangan sebagai berikut:
  • pilih yang menggunakan sedikit memori dan sesuaikan dengan kebutuhan;
  • user friendly;
  • fitur backup dan keamanan; serta
  • sedikit biaya.

Control panel hosting adalah alat yang memungkinkan untuk mengelola semua aspek layanan hosting. Hal ini memungkinkan pengguna melakukan sebagian besar proses admin sistem yang kompleks hanya dalam beberapa klik dari antarmuka admin.


B. Hosting Panel EHCP di Debian Server

Hosting panel merupakan antarmuka berbasis web yang disediakan oleh perusahaan hosting dan memungkinkan pelanggan untuk mengelola berbagai layanan host di satu tempat. Salah satu panel hosting gratis adalah EHCP.

EHCP atau lebih dikenal dengan Easy Hosting Control Panel merupakan web hosting (control panel hosting) gratis yang dibuat untuk sistem operasi Linux dan jenis keturunan dari Debian. EHCP sudah memiliki fitur yang sangat lengkap, seperti Disk Quota Control, SSL Support, dukungan berbagai bahasa, FTP File Manager, Backup, Web Mail (Squirrel Mail, Roundcube Mail), Add Domain dan Subdomain, Transfer Domain, Konfigurasi Database, Web Stats, dan tersedianya script untuk instal berbagai cms, seperti wordpress, drupal, joomla, xoops, modx, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perangkat yang dibutuhkan untuk keperluan instalasi yaitu
  • PC Server;
  • OS Linux (Baru diinstal); dan
  • EHCP Installer.


Demikian tentang Materi ASJ Bab 1 tentang Control Panel Hosting. Semoga ada manfaat didalamnya, terima kasih.

0 Response to "Materi ASJ Bab 1 tentang Control Panel Hosting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel